Makam Khay Pejabat Ramses II Ditemukan

Sekelompok arkeolog Belgia berhasil menemukan reruntuhan piramid makam dari bata lempung milik Khay, seorang pejabat tinggi era Firaun Ramses II, lapor Al-Ahram Rabu (20/2/2013).
Rombongan arkeolog dari Free University of Brussels dan Liege University itu menggali bangunan setinggi 15 meter dalam ekskavasi rutin di kawasan Syaikh Abdul Qurna, nekropolis orang-orang terpandang di barat tepi sungai Nil di Luxor, Mesir.
Mereka secara tidak sengaja menemukan piramidion (piramid kecil) dengan ukiran khas Mesir kuno menggambarkan dewa Ra-Hurakhti.
Peti mati Khay sendiri belum ditemukan dan penggalian terus dilanjutkan.
Pada masa Ramses II, semua makam orang terpandang ujung atasnya dibentuk piramid.
“Ini merupakan temuan penting,” kata Muhammad Ibrahim, menteri kepurbakalaan, seraya menjelaskan bahwa para arkeolog selama ini hanya mengenal Khay dari catatan-catatan di papirus, patung dan berbagai dokumen. Makamnya belum pernah ditemukan. Saat ini dua patung Khay dipajang di Museum Mesir di Tahrir.
Pengawas kepurbakalaan di Luxor, Mansour Breik, mengatakan bahwa Khay adalah wazir (perdana menteri) Firaun Ramses II selama 15 tahun dan dia mengawasi pembangunan makam-makam para bangsawan kerajaan di Lembah Para Raja dan Ratu.
Dia menyelenggarakan berbagai festival, termasuk diantaranya penobatan raja.
Breik menjelaskan, menurut tugu peringatan Abydos, Khay berasal dari keluarga orang yang sangat penting di Mesir.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija

No comments: