Makam Kuno Digali dari Kuil Firaun di Luxor

Arkeolog dari Italia telah menemukan ruang-ruang makam di Luxor, Mesir, yang terkubur sejak lebih dari 3.000 tahun silam, lapor BBC (10/1/2013).









Kementerian Kepurbakalaan Mesir mengatakan, makam-makam tersebut ditemukan di kuil pemakaman Firaun Amenhotep II, yang berkuasa dari tahun 1427 SM sampai 1401 SM.
Kuil itu terletak di sisi barat Sungai Nil.
Kementerian mengatakan, sisa-sisa sarkofagus (peti mati) yang terbuat dari kayu dan tulang-belulang manusia ditemukan di dalamnya.
Wadah-wadah yang digunakan untuk menyimpan organ mayat seperti hati, paru-paru, lambung dan usus juga ditemukan di tempat itu. Tutup wadah menggambarkan empat anak Dewa Horus, yang berbentuk kepala manusia, babon, anjing hutan, serta burung. Simbol-simbol itu diyakini akan mengantarkan jiwa si mayat sampai ke surga.
Pakar tentang Mesir profesor Wafaa Elsaddik mengatakan bahwa temuan itu sangat penting, sebab menunjukkan bahwa kuil tersebut tidak hanya digunakan untuk sesembahan tetapi juga sebagai pemakaman.
Wadah penyimpan organ dalam mayat terbuat dari material berkualitas tinggi, yang menunjukkan bahwa si mayat merupakan orang kaya.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija

No comments: