Bangsa Mesir kuno pernah buat perhiasan dari meteorit



Bangsa Mesir kuno pernah buat perhiasan dari meteorit
Sebuah manik-manik dari besi ditemukan dalam sebuah makam berusia 5 ribu tahun di Mesir. Diperkirakan, manik-manik ini dihasilkan dari sebuah meteorit.
Seperti yang dilansir oleh CBS News (31/5), hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir oleh University dan University of Manchester. Sebelumnya, perhiasan ini ditemukan di dalam sebuah pemakaman di Gerzeh, Mesir pada 1911 silam.
Setelah ditemukan, penelitian pun dilakukan untuk menemukan material pembentuk perhiasan ini. Namun, pada 1980an penelitian ini sempat terhenti lantaran tak adanya alat yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi komponen penyusunannya.
Beberapa abad setelahnya, penelitian ini baru bisa dikembangkan lagi. Adalah Ope Unioversity dan University of Manchester yang memerakarsainya.
Setelah diselidiki dengan menggunakan mikroskop elektron, ditemukan bahwa material penyusunnya adalah meteorit. Hal ini pun memecahkan misteri yang belum terjawab selama berabad-abad lamanya.
Adapun material meteorit ini menunjukkan bahwa sebenarnya peradaban kuno sudah tak asing lagi dengan benda-benda antariksa. Sebelumnya, pernah pula ditemukan sebuah patung Buddha yang terukir dari sebuah meteorit pada abad ke 10.

No comments: