KGB Sovet Menciptakan IMF

Mata-mata Uni soviet melahirkan IMF, tahun 1940 serta berakar terjadinya krisis sekarang ini
The front cover of a 1953 edition of Time, asking what President Truman knew about Harry Dexter White.
Meskipun jatuhnya spektakuler dari perekonomian global rupanya tiba-tiba dan tak terduga, itu adalah krisis yang sudah membangun sejak struktur ekonomi global sudah dibentuk di masa putus asa pertengahan 1940-an. Saya ingin mengambil langkah ke belakang dari perdebatan panas yang terjadi di zona euro dengan menggali pada akar krisis di dalam kesepakatan yang telah dicapai pada akhir Perang Dunia II, serta mempersoalkan surat kepercayaan dengan yang meragukan karena seorang pria yang bisa disebut telah muncul sebagai pemenang dari negosiasi tersebut.
Di hari ini Depresi serta kegagalan model ekonomi dari neoliberal banyak mata dilemparkan kembali secara nostal-gila tahun 1930-an dengan karya Keynes yang menerima pemulihan yang sangat pesat. Keynes yang teridentifikasi paling kuat dengan dukungannya terhadap Keterlibatan untuk dalam pengelolaan perekonomian nasional. Ini adalah pada suatu pelajaran terpenting dari pengalaman pahit selama depresi global terakhir, dan yang secara sengaja terlaksana berdasarkan strategi politik dan intelektual berasal dari awal tahun 1970 dan seterusnya. Berlawanan dengan George Osborne, Keynes difokuskan pada perekonomian nasional sebagai suatu sistem. Gagasannya tentang pengaruh multiplier diungkapkan dengan cara bahwa pengeluaran pemerintah bukan uang yang terbuang atau ditambahkan dalam atas tumpukan hutang, melainkan menghasilkan siklus lanjut terhadap pengeluaran. Dengan demikian menstimulasi aktivitas ekonomi, dukungan sumber penghidupan dan menghasilkan penerimaan perpajakan lebih lanjut.
Tetapi boleh dibilang kontribusinya Keynes terhadap sistem ekonomi internasional yang setidaknya sama impresif. Rancangan atas apa yang terkadang yang agak dengan sok disebut ‘arsitektur keuangan global’ memakan menjauh tahun terakhir kehidupannya. Saya membayangkan dia pada Bretton Woods, dengan alasan untuk mempertahankan persamaan antara Bangsa penentang dari ancaman imperialisme dolar: suatu perjuangan yang berakhir dalam kegagalan. Hal ini mungkin terlalu romantis untuk menunjukkan bahwa Keynes sangat patah hati berdasarkan kegagalannya dalam memenangi perdebatan, tetapi dalam waktu setelah dua tahun dari konferensi tersebut ia telah meningal.
Penentang Keynes di Bretton Woods (Bretton Woods Agreement)adalah Harry Dexter White, penasehat ekonomi pimpinan Menteri Keuangan amerika Henry Morgenthau.
1 ingatan kita tentang kebijakan ke arah negara yang hancur pasca perang Eropa merupakan dari kemurahan hati dari Marshall Plan nya Amerika Serikat. Dalam Rencana Morgenthau tidaklah begitu baik diingat: niatnya ini adalah untuk membongkar sarana industri di Jerman sehingga tidak pernah dapat kembali mengancam stabilitas Europe.
2 Jerman adalah harus dikembalikan kepada masyarakat tani. Pemimpin penulis buku rencana tersebut adalah Harry Dexter White. Sebagian dari golongan di sisi kiri telah lama menganggap bahwa investasi Marshall ini tak termotivasi, tetapi oleh rasa takut komunisme. Bagaimana mungkin mengubah pandangan tentang jika kita harus mendapatkan bukti bahwa White bisa dapat telah bekerja sama untuk Kesatuan Uni soviet?
Tersedia sudah sejak lama rumor berhembus mengenai hal ini, tetapi buku yang diterbitkan oleh mantan KGB officer Vassieliev menghasilkan bukti yang terbilang menarik:
Menjadi anggota paling penting dari jaringan Silvermaster serta adalah aset paling sangat menepatkan Soviet yg memiliki di dalam pemerintah Amerika, Harry Dexter White, asisten sekretaris Kementrian Keuangan. Lebih dari dua puluh empat untuk dokumen KGB, yang mencakup 1941-1948, menjabarkan bantuan Uni soviet dalam intelligence.3
Dengan menempatkan ini dalam konteks kita harus mengingat kembali.
pertama,bahwa Amerika Serikat dan Uni Soviet adalah sekutunya untuk sebagian besar periode bahwa white bekerja pada pemerintah Amerika Serikat.
Yang kedua, perekonomian di masa perang adalah banyak dikontrol secara terpusat, dan dengan demikian pada jarak ideologisnya dari segi kebijaksanaan ekonomi diantaranya pegawai negeri sipil Amerika Serikat dan mitra mereka pada tahun 1940-an adalah jauh lebih kecil dibanding ini menjadi seperti Perang Dingin yang berlangsung.
Yang lebih penting dalam konteks situasinya kita sekarang merupakan peranan yang dimainkan oleh white di Bretton Woods, konferensi yang diadakan di resort New Hampshire dimana pihak Sekutu memperdebatkan susunan perekonomian global pasca-perang. Sebagaimana penashat Menteri Keuangan AS, Morgenthau juga memimpin konferensi Bretton Woods. Seperti halnya dengan Merencanakan nya bagi Eropa, dia melihat melemahnya kompetitor AS sebagai sebuah kesempatan untuk meningkatkan kekuatan AS di dunia sesudah perang. Dengan tujuan dari perundingan Bretton woods adalah untuk menempatkan suatu struktur yang yang akan menciptakan stabilitas dan kompetisi yang yang adil di antara negara, tetapi mencegah konsekuensi yang merusak untuk standar emas serta tekanan persaingan secara berlebihan kompetisi mata uang tidak terkendali yang sudah menimbulkan ketegangan internasional dan pada akhirnya peperangan.
White dan Keynes merupakan juru runding bagi Amerika Serikat dan Inggris dan membagikan jauh pengertian mengenai cara mendesain sistem baru tersebut. Mereka menyepakati mengenai pentingnya mempertahankan kendali politik dalam nilai tukar antar mata uang, suatu kompromi antara nilai tukar tetap dan nilai tukar floating sepenuhnya yang kemudian diketahui sebagai ‘terpatok dengan nilai pada rezim mata uang’. Sebagaimana white mengatakan:
Tanpa adanya tingkat tinggi kolaborasi perekonomian salah satu negara-negara terkemuka akan … mau tak mau Akibatnya di dalam peperangan perekonomian yang akan lebih namun pendahuluan dengan penghasut peperangan terhadap militer yang bahkan berskala main besar. ‘4
Dalam sistem nilai tukar mata uang bebas untuk bergerak di dalam suatu sistem pita fixed mencapai stabilitas yang sangat besar hampir selama 30 tahun, sampai keputusan tersebut secara sepihak Richard Nixon untuk memangkas keterkaitan serta antara dolar terhadap emas pada tahun 1971.
Hal ini membawa kita kepada perbedaan pendapat yang penting antara kedua ekonom: apa yang peran negara di dunia mematok nilai tukar mata uang nasional mereka untuk Merencanakan. White berikan peran tersebut terhadap dolar AS, menjadikannya mata uang cadangan dunia, Keynes mengusulkan penciptaan mata uang perdagangan yang netral yang telah disebut ‘Bancor’, atau pada’emas . Bank Hal ini akan dapat mencapai stabilitas dengan tidak mengabaikan kebijakan guna dengan volume di dalam sirkulasi satu tertentu dalam kemurnaian alami. Jika nilai dolar menjadi mata uang patokan maka sudah secara efektif ingin memungkinkan AS mengendalikan dan mencetak uang untuk memborong produksi dunia sebagai imbalannya. Hubungan dengan emas yang dicegah secara teori, tetapi hubungan emas akan selalu ada, seperti riwayat dibuktikan, bergantung pada keputusan dari Presiden Amerika Serikat.
Spekulasi yang mengenai hubungannya white dengan agen rahasia Uni soviet mengarah pada pertanyaan mengenai mengapa Truman memilih dia untuk menjadi sebagai Direktur Eksekutif pertama dari International Monetary Fund (IMF). Hal ini telah menunjukkan bahwa ini mungkin menjadi merupakan strategi melindungi, bergeraknya white dari pemerintahan. Sehingga sementara langkah white untuk menjadi pimpinan pertama IMF kelihatannya luar biasa, sebenarnya itu melindungi dirinya dari penyelidikan hukum nasional di Amerika Serikat, sehingga melindungi untuk bagian nama baik dari pemerintahan Truman.
Yang bersamaan dari teka teki hal ini, menjadi bagian yang penting tentang yang hanya ada ketahuan sejak berakhirnya Perang Dingin, menimbulkan serangkaian pertanyaan yang menarik. Yang pertama adalah apa yang memotivasi Harry Dexter White yang mendorong kita ke dunia setelah perang kapitalisme dolar AS yang dikendalikan. Sepertinya lebih merupakan berlebihan jika menunjukkan bahwa Rencana Morgenthau, banyak dipengaruhi oleh White, ini merupakan strategi untuk mengacaukan pada masyarakat Eropa sesudah perang. Hal ini tentu punya efek, bersama suara mengenai partai-partai Komunis melambung, khususnya di Italia, dimana hanya intervensi dari CIA yang dapat mencegahnya meraih kemenangan Komunis tahun 1947 election.5
Jika Program Morgenthau Nya dimaksudkan buat memastikan dan ketidakstabilan gejolak sosial di Eropa, mungkin Bretton Woods Merencanakan yang dirancang untuk meraih efek yang mirip dalam skala global? Keberhasilannya pada secara massal untuk meningkatkan kekuasaan dolar AS di dunia yang setelah perang sepertinya lebih jelas saat dilihat dalam hal potensi manfaatnya bagi Uni Soviet. Apakah ia berharap agar Amerika Serikat yang akan menjadi besar-besaran merasa berhutang budi dan bahwa hal ini akan menantang dominasi pada sistem kapitalis dimana itu adalah jantung,? Apakah dia menganggap remeh ketangguhan sisitem pasar bebas, atau dia masih sedang menunggu untuk terbukti kebenarannya?
Terdapat dua masalah dengan kembali mengevaluasi riwayatnya Dengan demikian. Pertama sangatlah mudah melupakannya hubungan kalimat serta harus diartikan. Kedua dalam Rencana Morgenthau dengan perjanjian Bretton Woods yang disusun sebelum dimulainya Perang Dingin, misalnya, yang awalnya Diperkirakan bahwa Rusia ingin menjadi anggota IMF. Yang kedua, sulit untuk menafsirkan motivasinya dan ekspektasi tentang pelaku tersebut. Apabila kita siap untuk menerima white maka berusaha untuk kepentingan Rusia selanjutnya, apa yang akan mengira hal itu berarti? Membangun keniscayaan dari krisis pada sistem ekonomi global barangkali.
Pedih, White mungkin juga telah meninggal akibat karena patah hati (seperti halnya keynes). Dia menderita serangan jantung sesaat setelah memberikan bukti untuk McCarthy di Gedung unAmerican Aktivis Komite pada bulan Agustus tahun 1948, dan meninggal pada beberapa hari kemudian.
1. Informasi mengenai tentang White ini diambil dari Boughton, M. (2004), ‘New Light tentang Harry Dexter White’, Jurnal dari Sejarah Pemikiran Ekonomi, (New Light on Harry Dexter White’, Journal of the History of Economic Thought 26/2: 179-95).
2. Morgenthau Merencanakan, termasuk peranan Harry Dexter White, merupakan subjek tentang suatu program tersebut di Radio 4 Seri Hal yang Kita Lupa untuk Ingat, disiarkan pada tanggal 7 Juni dan tersedia secara bersama di podcast BBC.
3. Haynes, JE, Klehr, H. dengan Vassiliev, A. (2009), Spies: tersebut Rise and Fall of KGB on Amerika (Yale University Press), hlm. 258.
4. Jones, BD, Pascual, C dan Stedman, SJ (2009), Power and Responsibility: Membangun Pesanan Internasional dalam Era Ancaman Transnasional (Washington: Brookings Institution) p. 234.
5. Lihat wawancara dengan agen CIA F. Mark Wyatt di CNN dalam arsip Perang Dingin (archive), yang juga mengidentifikasikan George Marshall sebagai pemain utama dari dalam operasi tersebut.
Kita hidup di dalam totaliter yg sedang sekarat serta topengnya secara yang menjadikan kezaliman tampak normal, wajar dan perlu, maka rakyat mau menerima meningkatkan penurunan pada penghambaan.

Akmail

No comments: