planet 'alien' terbesar kembali ditemukan

Sebuah planet 'alien' terbesar kembali ditemukan
Para peneliti kembali berhasil menemukan sebuah planet baru. Kali ini, ukurannya lima kali lebih besar dari planet terbesar di tata surya, Jupiter.
Seperti yang dilansir oleh Daily Mail (4/6), diketahui bahwa planet ini memiliki ukuran lima kali lebih besar dari Jupiter. Selain itu, jaraknya juga diketahui sangat jauh, sekitar 300 tahun cahaya dari bumi.
Planet ini sendiri pertama kali diketahui lewat sebuah teropong dari European Southern Observatory. Keberadaannya muncul ketika gerakan bola gas super besar yang mengorbit sebuah bintang ini tertangkap oleh teropong.
Kemudian, planet yang belum diketahui seperti apa habitatnya ini pun dinamai HD 95086 b. Hal ini dikarenakan posisinya yang mengorbit bintang HD 95086.
Julien Rameau, astronom dari Institute of Astrophysics and Planetology Prancis kemudian menuliskan penemuannya beserta tim ke dalam sebuah jurnal. Disebutkannya, penemuannya ini menjadi tantangan terbaru karena mengajak para ahli untuk mengembangkan alat yang lebih modern.
"Hanya sedikit dari planet ini yang sudah kita temukan, hal ini menjadi catatan penting bagi kita untuk memahami banyaknya planet raksasa dan bagaimana mereka terbentuk," kata Rameau.
Keberadaan eksoplanet, planet di luar tata surya, ini pun menambah daftar kecil tentang planet-planet yang pernah ditemukan oleh manusia. Dari berbagai planet ini, belum satu pun yang berhasil dijejaki oleh kaki manusia kecuali Mars, itu pun hanya dengan bantuan sebuah robot.

No comments: