Abdul Fattah El-Sisi

Abdel Fattah al Sisi Siapakah Abdul Fattah El Sisi Itu?
PEMILIHAN Presiden Mesir sudah digelar dan terpilihlah Abdel Fattah el Sisi sebagai Presiden Mesir baru. Dia meraih kemenangan telak dari pesaingnya Hamden Sabahi. Kemenangan telak itu menimbulkan keanehan dari berbagai pihak. Lalu, siapakah El-Sisi?
Seperti dikutip dari wikipedia Presiden Mesir terpilih itu lahir pada tanggal 19 November 1954 silam. Dia dibesarkan di Gamaleya, dekat Masjid Al – Azhar, dan seperempat di mana umat Islam, Yahudi dan Kristen tinggal, dan di mana ia dapat mendengar lonceng gereja dan menonton Yahudi berduyun-duyun ke rumah ibadah tanpa hambatan.
Keluarganya, yang berasal dari Monufia Governorate, dikenal karena disiplinnya, semangat dan kekayaan yang dihasilkan. Dia adalah anak kedua dari delapan bersaudara. Ayahnya, seorang Muslim konservatif, tapi tidak radikal. Dia memiliki toko barang antik kayu bagi wisatawan di bazaar bersejarah Khan el -Khalili.
Saat muda, Sisi belajar di sekolah menengah yang dikelola militer lokal, dia pun bertemu dengan istrinya Entissar Amer disana. Mereka menikah pada tahun 1977. Pada tahun yang sama ia lulus dari Akademi Militer Mesir.
El-Sisi adalah seorang komandan militer Mesir yang memimpin Angkatan Bersenjata Mesir, serta Menteri Pertahanan, sejak 12 Agustus 2012 sampai 26 Maret 2014. Sebagai kepala angkatan bersenjata, ia memainkan peran utama dalam mengusir Presiden Mohamed Morsi Islam, menyusul protes massa terhadap Morsi dan pemerintahannya.
El-Sisi kemudian diangkat sebagai Deputi Pertama Perdana Menteri, sementara sisanya Menteri Pertahanan. El-Sisi mengundurkan diri dari militer pada tanggal 26 Maret 2014 mengumumkan dia akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan presiden 2014. Dan akhirnya dialah yang keluar sebagai pemenang. [fha/islampos/wikipedia]

No comments: