Kitab Peninggalan Ulama di Timbuktu Mali

Gambar
Nasir al-Din Abu al-Abbas Ahmad ibn al-Hajj al-Amin al-Tawathi al-Ghalawi. Kashf al-Ghummah fi Nafa al-Ummah (The Important Stars Among the Multitude of the Heavens), copied 1733. Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali
Teks ini ditulis untuk para sarjana di bidang astronomi, ilmu tradisi Islam ditelusuri dari Nabi Adam dan Nabi Idris. Penulis membahas bagaimana menggunakan gerakan bintang-bintang untuk menghitung awal musim dan bagaimana untuk membuang ramalan bintang, di antara banyak aspek lain dari astronomi. Gambar yang ditampilkan adalah diagram menunjukkan rotasi langit.
Puisi Tentang Hukum Islam Gambar
Gambar Sayyid al-Mukhtar ibn Ahmad ibn. Abi Bakr al-Kunti al-Kabir. Qasidah (Poem). Loaned by the Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Puisi ini berisi hukum Islam tentang hak-hak anak yatim dan wanita yang sudah menikah. Puisi digunakan sebagai bantuan untuk menghafal memori siswa.
Hukum Waris
amm0003vs-th amm0003rs-th
Al-Qadi Muhammad ibn al-Imam. Uthman al-Wakari al-Tumbukti, Sharh ‘ala Amthilat al-Fara’id. (Commentary on the work Examples of Law). Dipinjamkan oleh Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Hukum waris Islam adalah sistem yang sangat diatur dalam Islam di mana individu menerima warisan tergantung pada derajat mereka hubungan dengan almarhum. Karya ini menjelaskan sistem itu dan dijabarkan dasar dalam Quran.
Hukum Dagang
amm0004vs-th amm0004rs-th
Ahmad ibn Bud ibn Muhammad al-Fullani. Sullam al-Atfal fi Buyu al-Ajal (The Protection of Individuals in Commercial Transactions). Dipinjamkan oleh Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali

Buku ini berisi kewajiban pihak penjual dan pembeli dalam perdagangan dan kontrak. Penulis berfokus pada penjualan dan bagaimana individu meminjamkan uang harus dilindungi dalam transaksi komersial. Bait digunakan untuk membantu dalam menghafal teks.

Kerajaan Shonghay dan Islam

amm0005vs-th amm0005rs-th
Sayyid al-Mukhtar ibn Ahmad ibn Abi Bakr al-Kunti al-Kabir. al-Minnah fi Itiqad Ahl al-Sunnah (The Gift of the Followers of the Path of Muhammad), copied 1809. Dipinjamkan oleh Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali
Kerajaan Songhai adalah salah satu kerajaan yang paling penting di Afrika Barat selama abad keempat belas dan kelima belas. Muslim hidup dalam jumlah yang signifikan dalam domain kekaisaran. Karya ini mengkaji sejarah kekaisaran dan membahas pertanyaan penting hukum Islam yang muncul di kerajaan Songhay, termasuk status dan hak-hak perempuan dan anak-anak dalam masyarakat Muslim.

Hukum Perbudakan
amm0006vs-th amm0006rs-th
Ahmad Baba ibn Ahmad ibn Umar ibn Muhammad. Aqit al-Tumbukti. Miraj al-Suud ila nayl Majlub al-Sudan (Ahmad Baba Answers a Moroccan’s Questions about Slavery). Dipinjamkan oleh Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.

Penulis membahas perbudakan sebagaimana yang ada di Afrika Barat pada abad ketujuh belas. Pemeriksaan subjek didasarkan pada hukum Islam dan penulis mencatat bahwa sifat dasar dan asli kemanusiaan adalah bahwa individu bebas. Mereka mungkin diperbudak hanya dalam kondisi yang sangat spesifik tertentu diatur oleh hukum Islam.
Ulama Islam
amm0007vs-th amm0007rs-th
al-Hajj Umar ibn Said al-Futi. Rimah Hizb al-Rahim ‘ala Nuhuri Hizb al-Rajim (The Spear of the Merciful against the Throat of the Reviled), copied 1858. Dipinjamkan oleh Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Sufi merupakan elemen penting dalam masyarakat Islam.
Penulis memberikan penjelasan tentang doktrin mistik dan praktek. Dia juga membahas mengakui mistik saleh dan suci sebagai orang-orang kudus dan nilai syafaat mereka atas nama orang-orang percaya. Teks menekankan praktek urutan Tijaniyyah Sufi. Ditampilkan adalah diagram yang menjelaskan kehidupan beragama para mistikus, yang berkisar pada pengajaran guru mereka.

Filosofis
amm0009vs-th amm0009rs-th
Sayf al-Din Ali ibn al-Amdi. al-Mubin fi Mukhtasar Maani al-Alfaz al-Mutadawilah bayna al-Hukama’ wa-al-Mutakallimin (A Summary Explanation of the Pronouncements of the Scholars and Theologians). Dipinjamkan oleh Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Penulis karya ini meneliti pendekatan terhadap berbagai masalah dibidang hukum dan masyarakat Islam oleh para teolog dan sarjana dan menawarkan penjelasan tentang pernyataan dari orang-orang terpelajar.
Astronomi
amm0010vs-th amm0010rs-th
Ahkam al-Shira al-Yamaniyah wa-ma Yazharu min Hawadith fi al-Alam inda Zuhuriha fi Kull Sanah (Knowledge of the Movement of the Stars and What it Portends in Every Year). Dipinjamkan oleh Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Ini kumpulan tulisan didasarkan pada warisan Yunani-Romawi astronomi dengan penambahan penemuan yang dibuat oleh para sarjana Muslim.

Aritmatika Primer
amm0011vs-th amm0011rs-th
Ahmad ibn Sulayman al-Rasmuki. Kashf al-Hijab li-Asfiya’ al-Ahbab an Ajnihat al-Righab fi Marifat al-Hisab (Explanations of the Problems in Arithmetic with Examples). Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali
Komentar oleh sarjana abad kedelapan belas al-Rasmuki. Mmenjelaskan karya Al-Samlali matematika abad pertengahan. Menggunakan grafik dan contoh masalah, komentator menunjukkan aturan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dia juga membahas sejarah dan perkembangan matematika. Teks ini digunakan secara luas oleh para siswa di Timbuktu dan Afrika Utara.

Kitab Tauhid
amm0012vs-th amm0012rs-th
Muhammad ibn Muhammad ibn Muhammad al-Misri. Bughyat al-Talibin li-ma Tadammanatihu Umm al-Barahin (The Goal of Seekers, a Commentary on the Work The Mother of Proofs). Berada di Cheik Zani Baye Library, Boujbeha, Mal.
Karya ini berkonsentrasi pada doktrin keberadaan Tuhan dan sifat Allah tunggal dan unik. Penulis menjelaskan arti dari istilah yang mengacu pada pengetahuan yang mendalam tentang Allah, serta kepercayaan kepada Tuhan, malaikat-Nya, dan para nabi-Nya.
Rukun Iman (Iman)
amm0013vs-th amm0013rs-th
Arbab al-Khartumi. al-Jawahir al-Hisan fi Marifat Arkan al-Iman (The Jewel of Beauty for Education in the Pillars of the Faith). Berada di Cheik Zani Baye Library, Boujbeha, Mali.

Pilar Iman, prinsip-prinsip dasar agama Islam, disajikan dalam buku ini. Ini mencakup unsur-unsur iman, termasuk kepercayaan kepada Tuhan, malaikat dan utusan-Nya, dan suci. Juga yang dibahas adalah keyakinan dalam penghakiman terakhir dan keniscayaan kehendak Tuhan, terlepas dari pemahaman manusia atau keinginan.

Hukum dan Politik di Kekaisaran Songhai
amm0014vs-th amm0014rs-th
Muhammad ibn Abd al-Karim al-Maghili. As’ilat Askiyah wa-Ajwibat al-Maghili (Maghili’s Tract on Politics). Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.


Risalah ini terdiri dari jawaban atas tujuh pertanyaan yang diajukan penulis kepada Kaisar Songhai. Ketika mendiskusikan isu-isu politik dan ekonomi penulis menyarankan Kaisar bahwa ia wajib untuk menerapkan hukum Islam secara ketat di daerah-daerah kehidupan. Oleh karena itu, Kaisar perlu mencari nasihat dari ulama saleh.
Saran untuk Gubernur
amm0015vs-th amm0015rs-th
Uthman ibn Muhammad ibn ‘Uthman ibn Fodyo. Usul al-Adl li-Wullat al-Umur wa-Ahl al-Fadl wa-al-Salatin (The Administration of Justice for Governors, Princes and the Meritorious Rulers). Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mal.
Penulis karya ini melukiskan kewenangan gubernur dan penguasa serta keterbatasan kekuasaan mereka di bawah hukum Islam. Penulis sangat meminta perhatian terhadap kebutuhan untuk memahami tanggung jawab kekuasaan dan penggunaannya. Penulis menyajikan kewajiban seorang penguasa penyediaan keadilan sosial dan perlindungan milik warga negara.

Penyakit dan Cure di Timbuktu
amm0016vs-th amm0016rs-th
Sayyid Ahmad ibn Amar al-Raqadi al-Tumbukti al-Kunti. Shifa’ al-Asqam al-Aridah fi al-Zahir wa-al-Batin min al-Ajsam (Curing Diseases and Defects both Apparent and Hidden). Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali
Menginstruksikan pembaca tentang metode mendiagnosis dan mengobati orang sakit. Penulis juga menjelaskan penggunaan binatang, tanaman, dan zat mineral sebagai obat. Doa dan ayat-ayat Alquran yang membantu melawan penyakit disertakan. Ditampilkan adalah petunjuk untuk menulis doa, membantu orang sakit, untuk digunakan dalam jimat.

Kitab Adab
amm0017vs-th amm0017rs-th
Abu Ali al-Hasan ibn Ali al-Ahwazi. al-Fawa’id wa-al-Qala’id (Useful Stories and Verses). Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Pelaksanaan etika bisnis dan pemerintah adalah subjek dari cerita teladan yang terkandung dalam buku ini. Penulis mengambil perhatian khusus memberikan kesan kepada pembaca perlunya perilaku etis ketika menempati posisi resmi.

Argumen untuk Perdamaian
amm0018vs-th amm0018rs-th
Sayyid al-Mukhtar ibn Ahmad ibn Abi Bakr al-Kunti al-Kabir. Risalah ila al-Qaba’il al-Mutaqatilin (Letter to the Warring Tribes). Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Penulis, seorang sarjana dan pemimpin agama, mendesak faksi-faksi untuk berdamai dan hidup dalam damai. Dia mendukung argumentasinya dengan kutipan dari Quran dan hadist Muhammad dan contoh kehidupan para sahabatnya, yang mengharuskan umat beriman untuk menghindari perselisihan, untuk mendamaikan, dan untuk hidup dalam damai dan toleransi.
Jawaban untuk Permintaan Kerajaan
amm0019vs-th amm0019rs-th
Ahmad al-Bakayi ibn Sayyid Muhammad ibn Sayyid al-Mukhtar al-Kunti. Jawab Ahmad al-Bakayi ala Risalat Amir al-Mu’minin Ahmadal-Masini (The Response of Ahmad al-Bakayi to the Letter of Amir Ahmad, Ruler of Massinah), eighteenth century. Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Dokumen ini merupakan jawaban terhadap penguasa Massinah, Amir Ahmad, yang memerintahkan penangkapan seorang musafir Jerman, Heinrich Bart, yang diduga mata-mata Inggris. Penulis mengutip hukum Islam membuat penangkapan ilegal dan menolak untuk mematuhi amir. Sarjana menyatakan bahwa non-Muslim memasuki domain Muslim dalam damai dilindungi dan tidak boleh ditangkap dan sebaliknya
Manfaat Tenaga Kerja dan Pertanian
amm0020vs-th amm0020rs-thAnonymous, Kitab al-Barakah fi Fadl al-Hiraf wa-al-Zar (The Book Describing the Blessed Merits of Crafts and Agriculture). Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Manfaat sosial dari perdagangan, kerajinan, dan kegiatan pertanian yang dibahas dalam buku ini. Penulis menjelaskan kontribusi kepada masyarakat dari keharusan bekerja sehingga individu memperoleh derajat tinggi karena berguna secara sosial.
Perdagangan Budak
amm0021vs-thamm0021rs-thManuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Ini adalah kesepakatan antar pedagang yang terlibat dalam penjualan dan transportasi budak antara Timbuktu di Mali dan Ghadamas di Libya.
Emas sebagai Mata Uang
amm0022vs-thamm0022rs-thManuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Perjanjian komersial ini berfokus pada membeli dan menjual di beberapa kota. Hal ini juga mengacu pada biaya membangun rumah di kota Massinah. Emas digunakan sebagai standar nilai dalam semua transaksi, yang meliputi pembelian dan penjualan budak, emas batangan, dan gum arabic.
Sertifikat Pembebasan Budak
amm0023vs-thamm0023rs-th 
Manuskrip berada di Mamma Haidara Commemorative Library, Timbuktu, Mali.
Sertifikat ini menggambarkan deskripsi fisik rinci tentang seorang budak wanita yang diberikan kebebasan majikannya. Dokumen ini dibuat dengan cara yang ditentukan oleh hukum Islam.
Peta Timbuktu
Ini peta Afrika oleh kartografer abad keenam belas Abraham Ortelius menampilkan konsepsi dunia yang berpusat tanah Afrika Barat dan Timbuktu ditunjukkan terletak dalam hubungannya dengan seluruh Afrika, menunjukkan pandangan dunia yang berfokus pada perjalanan darat dan Timbuktu sebagai bagian penting pada rute kafilah.
Peta Timbuktu
amm0025s-th Homannianorum Heredum, 1743. Geography and Map Division, Library of Congress.
Peta dari abad kedelapan belas menunjukkan dengan jelas perubahan dalam perdagangan dan perjalanan yang telah terjadi pada 1743.

 http://www.loc.gov/exhibits/mali/mali-exhibit.html

Iry S

No comments: