Hidayatullah.com — Di perkebunan bernama Glen Carron, jauh di pedalaman barat Daratan Tinggi Skotlandia, terletak tempat peristirahatan terakhir Lady Zainab Cobbold (Lady Evelyn Murray) – wanita Inggris pertama yang melakukan ibadah Haji setelah masuk Islam.
Makam muslimah Inggris pertama yang berhaji itu kini menjadi tujuan ziarah umat Islam beberapa puluh tahun setelah kematiannya pada Januari 1963.
Para peziarah memulai perjalanan mereka dari tempat parkir mobil di tepi hutan tak jauh dari jalan raya A890 di Glen Carron. Dari sana, mereka melakukan perjalanan 10 kilometer ke atas lereng Gleann Fhiodhaig, ke tempat yang relatif jauh dari bekas rumahnya, yang merupakan tempat Lady Zainab Cobbold dimakamkan, menurut situs BBC.
Puluhan orang berkumpul setiap minggu untuk berziarah makam aristokrat Victoria, dari Edinburgh, Liverpool, Leicester tersebut.
Buku Pilgrimage to Mecca
Publik hampir melupakan kontribusi Lady Cobbold terhadap pemahaman Islam. Namun, minat publik terhadap kisahnya dihidupkan kembali beberapa tahun yang lalu dengan bukunya Pilgrimage to Mecca diterbitkan ulang.
Buku tersebut pertama kali diterbitkan pada tahun 1934, mencatat perjalanan fisik dan spiritual Lady Zainab ke jantung dunia Islam.
Kegiatan ziarah ke makan Lady Zainab sendiri diorganisir oleh Convert Muslim Foundation – sebuah badan amal Inggris yang mendukung para mualaf. Badan ini didirikan oleh Batool Al Toma, seorang warga negara Irlandia setelah dia masuk islam.
Al Toma berkata: “Setelah saya mendengar tentang Lady Evelyn, saya tertarik dengan ceritanya, dia adalah wanita yang cukup tangguh yang tidak pernah membiarkan dirinya dikesampingkan hanya karena dia seorang wanita.”
Para peziarah tampak kebal terhadap angin kencang dan hujan deras saat mereka mendekati tujuan mereka setelah perjalanan tiga jam hanya dengan istirahat sejenak. Mereka melanjutkan perjalanan ke makam, dipimpin oleh seorang pemandu, dan setibanya mereka, mereka berdoa bersama.
Dalam perjalanan pulang, sebuah masjid di Inverness mengundang para peziarah untuk datang dan berbagi makanan. Di sini, mereka diberi kesempatan untuk merenungkan perjalanan yang telah mereka tempuh.
Tertarik budaya Islam sejak usia dini
Lady Evelyn Cobbold lahir di Edinburgh pada 17 Juli 1867. Dia adalah anak tertua dari Charles Adolphus Murray, Earl of Dunmore ke-7 dan Lady Gertrude Coke, putri Thomas Coke, Earl ke-2 dari Leicester.
Ayahnya adalah seorang penjelajah, dan ketika pindah ke Afrika Utara, dia juga memboyong semua anggota keluarganya. Di sanalah Lady Cobbold berkenalan dengan Islam; dia dirawat oleh para pelayan keluarga yang beragama Islam, semuanya orang Mesir atau Aljazair.
Sebagian besar masa kecil Lady Cobbold dihabiskan, berpindah-pindah, di Aljir dan Kairo. Di kedua kota itu dia belajar bahasa Arab dan bahkan mengunjungi masjid-masjid bersama teman-temannya.
Di Kairo itulah Lady Evelyn bertemu dan menikah dengan suaminya. Keduanya memiliki 3 anak.
Ketertarikan Lady Evelyn pada Islam tumbuh dan dia mengubah namanya menjadi Zainab pada tahun 1915. Hal ini berdampak pada hubungannya dengan suaminya dan kemudian menjadi alasan perceraian mereka pada tahun 1922.
Jiwa petualang Lady Zainab tumbuh subur setelah dia berpisah dari suaminya saat dia mengambil setiap kesempatan untuk berkeliling dunia.
Mengaku kepada Paus sebagai Muslim
Dalam salah satu perjalanannya ke Italia, dia diundang oleh teman-temannya untuk bertemu dengan Paus. Selama pertemuan inilah Lady Zainab mengumumkan bahwa dia adalah seorang Muslim.
Pada tahun 1912, Lady Zainab menerbitkan buku A Wayfarer in the Libyan Desert . Meskipun buku ini diterbitkan sebelum dia masuk Islam, jelas bahwa pengalaman transformatifnya tumbuh di Afrika Utara dan minatnya yang teguh di wilayah tersebut telah menjadi cara hidupnya.
Pada hari Lady Zainab masuk Islam, dia membuat komitmen untuk melakukan haji.
Pada tahun 1929, dia menghubungi duta besar untuk Inggris, yang sekarang dikenal sebagai Arab Saudi, tentang keinginannya dan dia diberikan izin untuk mengunjungi Mekah & menyelesaikan haji oleh Raja Arab Saudi.
Pada tahun 1933, Lady Zainab menjadi wanita Muslim Inggris pertama yang melakukan haji pada usia 65 tahun.
Dia melakukan perjalanan ke Madinah sendirian untuk mengunjungi makam Nabi dan kemudian tiba di Mekkah sendirian untuk melakukan haji, akhirnya memenuhi tujuan yang dia impikan selama bertahun-tahun.
Situs web Masjid Inverness menyatakan: “Keyakinan agama Islam Lady Evelyn – sebagai putri kelahiran Skotlandia dari keluarga bangsawan Inggris – tetap sangat luar biasa, paling tidak di era ketika Islam memiliki reputasi yang agak eksotis dalam masyarakat Inggris.
“Pindah (agama) dari Katolik Roma menjadi Protestan atau Protestan menjadi Katolik Roma, atau bahkan menyimpang dari Kristen ke Buddha – semua ini dapat dipahami dan memiliki beberapa preseden. Tapi, memeluk Islam adalah sesuatu yang sangat berbeda.”
Pada tahun 1934, Lady Zainab menerbitkan sebuah buku Pilgrimage to Mecca di mana dia menceritakan pengalamannya di haji.
Dalam bukunya, dia menggambarkan melihat Ka’bah untuk pertama kalinya sebagai “keagungan yang sederhana” dan menyamakan Tawaf dengan “mengelilingi rumah kekasih [Anda].”
Disingkirkan oleh para akademisi
Pengalaman Lady Zainab di haji sangat mempengaruhinya dan sekembalinya ke Inggris, dia melanjutkan studinya tentang Islam. Dia juga menjadi sukarelawan di Masjid Woking di mana dia berteman dengan mualaf Inggris lainnya seperti Marmaduke Pickthall.
Lady Zainab meninggal dunia pada tahun 1963 di Skotlandia pada usia 96. Dia meninggalkan instruksi bahwa penguburan & pemakamannya dilakukan sesuai dengan pedoman Islam dan bahwa nisannya harus memuat kata-kata dari Surah An-Nur: “Allah adalah cahaya langit dan bumi.”
Angus Sladen, cicit Lady Zainab, percaya bahwa kurangnya minat dalam kontribusi Lady Zainab terhadap pemahaman Barat tentang Islam memiliki beberapa alasan. Alasan-alasan ini adalah bahwa dalam masyarakat Inggris dia dianggap eksentrik, “dan mungkin sedikit sombong.”
Selain itu, dia berpikir komunitas akademik di Inggris tidak percaya dia serius dan hanya berpikir dia mencoba menimbulkan kehebohan di kalangannya.
Asumsi-asumsi ini didasarkan pada pandangan reduksionis dari para akademisi yang mengkategorikan dia dengan cara ini karena dia tidak terdidik dengan baik dalam pandangan mereka. Mereka meremehkan pemahamannya tentang budaya Islam karena terbatas pada apa yang dia pelajari dari pengasuhnya.*
Rep: Nashirul Haq
Editor: -
No comments:
Post a Comment