Pakar Sejarah: Bangsa Viking Berusaha Meniru Koin Dinar dari Masa Peradaban Islam

 

Sebuah koin tiruan dinar yang ditemukan oleh seorang pendeteksi logam di dekat sebuah desa kecil pinggiran pantai Norfolk, Inggris kemungkinan dibuat oleh bangsa Viking. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pakar sejarah.

Menurut sebuah laporan di situs BBC, koin emas abad ke-9 yang “spektakuler” itu ditemukan di dekat Morston pada April 2021. Koin itu telah dinyatakan sebagai harta karun oleh petugas koroner.

Profesor Sejarah Bahasa Inggris Abad Pertengahan Awal di Universitas Cambridge, Rory Naismith, dikutip mengatakan bahwa “orang Viking memiliki banyak hubungan dengan dunia Muslim” sehingga “masuk akal” bahwa mereka dapat membuat dinar tiruan. “Sangat tidak biasa menemukan hal seperti itu dan benar-benar unik,” tambahnya.

Dinar tiruan itu juga memiliki lubang, menunjukkan bahwa itu mungkin telah dirancang sebagai perhiasan, mencatat bahwa beberapa dinar emas dari periode Anglo-Saxon tiba di Inggris melalui Italia.

Profesor Naismith menyebutkan bahwa temuan itu “agak rumit”, dan bahwa “Sepertinya dibuat oleh seseorang yang mengetahui secara umum seperti apa dinar itu, tetapi tidak cukup menanganinya untuk mendapatkan bahasa Arab yang benar.”

Dinar imitasi “kemungkinan besar” terjadi pada paruh kedua abad ke-9, menurut Naismith, karena saat itu adalah periode ketika Viking aktif di daerah tersebut. Karena belum ditemukan bukti bahwa pedagang Arab datang ke Inggris, dia menyatakan bahwa koin tersebut dibuat di Skandinavia, sebelum hilang di Norfolk.

Awal bulan ini, timbunan era Viking digali di situs Warisan Dunia di Jerman utara, berisi artefak emas dan koin, termasuk tiruan dinar emas Islam, yang disusun kembali menjadi bros, yang berasal dari kekhalifahan Almohad yang didirikan pada Maroko saat ini antara abad ke-12 dan ke-13.

Viking melakukan kontak dengan Muslim selama penggerebekan dan perjalanan mereka melintasi Eropa dan sekitarnya dari abad ke-8 hingga ke-11. Interaksi ini terjadi melalui perdagangan, diplomasi, dan kampanye militer. Meskipun interaksi antara Viking dan Muslim sering kali diwarnai kekerasan, ada juga contoh hidup berdampingan secara damai dan pertukaran budaya.*

No comments:

Newer Post Older Post Home
Subscribe in podnovaSubscribe in NewsAlloy
Add to Google Reader or HomepageBlogarama - The Blog DirectoryAdd to The Free Dictionary
Online Marketing Add to netvibes
I heart FeedBurnerScience BlogsMy Zimbio
Subscribe in a readerPowered by FeedBurner
Powered by FeedBurner