Dunia di Mata Para Ulama

Dunia seperti seorang musafir yang berteduh di bawah pohon, beristirahat dibawahnya hingga meninggalkannya, itulah dunia di mata para ulama

AL IMAM Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah, beliau seorang ulama generasi tabi’in yang menetap di Basrah, Iraq. Beliau juga dikenal sebagai sosok ulama dan ahli zuhud.

Imam Hasan al-Bashri pernah berkata: “Tidaklah dunia ini seluruhnya dari awal hingga akhirnya kecuali ibarat seseorang yang tertidur sejenak, kemudian bermimpi melihat sesuatu yang disenanginya, kemudian terbangun.”

Makna tersebut diambil dari sabda Nabi ﷺ yang artinya: “Tidaklah aku di dunia ini melainkan (hanya) seperti seorang musafir yang berteduh di bawah pohon lalu beristirahat dan kemudian meninggalkannya (pohon tersebut).” (HR. At-Tirmidzi no. 3277) (Mawa’izh Al-Imam Al-Hasan Al-Bashri, hal. 170).

Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah, berkata: “Beramaklah untuk duniamu sesuai keadaan tinggalmu di sana. Dan beramallah untuk akhiratmu sesuai kadar kekekalanmu di sana.” (Mawa’izh Lil Imam Sufyan Ats-Tsauri, hal. 49).

No comments: