Zabid: Rahasia Kota Abad Pertengahan yang Terungkap

Kota Zabid-Yaman

Kota Zabid yang masih hidup di dataran pantai Laut Merah Yaman, pernah menjadi pusat pembelajaran internasional

 SAAT INI ini Zabid adalah kota yang indah, di pantai barat Yaman yang suram. Kota pesisir di wilayah Tehama ini terletak di atas persimpangan sungai dan dataran banjir yang subur.

Kota ini sudah berkembang ketika Islam memerintah wilayah itu pada abad ke-7. Ini adalah kota berbenteng melingkar dengan empat gerbang yang tersisa, yang disuplai dengan air oleh kanal yang luas.

Zabid memiliki konsentrasi puluhan masjid, sebagian besar berstruktur bata sederhana tetapi beberapa dengan batu bata berukir rumit dan dekorasi plesteran. Empat belas di antaranya berasal dari periode Dinasti Rasulid – semuanya madrasah – dan merupakan kelompok bangunan terbesar dari periode ini di Yaman.

Zabid mencapai puncaknya di bawah kekuasaan Dinasti Rasulid Yaman, antara abad ke-13 hingga ke-15 Masehi. Para Rasulid adalah pembangun yang berlebihan dan pekerjaan mereka membantu menjadikan kota itu sebagai pusat budaya dan, memang, politik Yaman.

Reputasi Zabid sebagai surga intelektual dengan cepat menyebar ke seluruh dunia Muslim dan melintasi Samudra Hindia. Misalnya, penulis sejarah dan sejarawan abad ke-15, Ibn al-Dayba’, menulis tentang bagaimana ia dididik di Zabid dalam disiplin membaca Al-Quran, hokum Islam, matematika dan penelitian.

Meskipun ada perguruan tinggi khusus yang didedikasikan sepenuhnya untuk belajar, pengajaran ilmu pengetahuan sering kali dilakukan di masjid – dan sebagai kesaksian atas sejarah tinggi Zabid, 86 masjid dan madrasah semacam itu masih tersebar di seluruh kota. Sebagian besar terbuat dari bata panggang yang dilapisi plesteran putih, sering kali dihiasi dengan gambar geometris dan kaligrafi yang rumit.

Namun, Zabid tidak mampu mempertahankan status primanya. Hanya satu abad setelah Ibn al-Dayba’, kota ini mengalami penurunan, khususnya setelah ekspansi Usmani pertama pada tahun 1545-1638, dalam upaya untuk mendominasi dunia.

Menggali Zabid

Sebuah proyek penggalian dimulai pada tahun 1981 dan kota sejak itu –kota ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Penelitian menunjukkan bahwa kemakmuran Abad Pertengahan Zabid berasal dari keberhasilan pengelolaan lahan pertaniannya oleh populasi umum. Ini bukan prestasi kecil, karena pertanian hanya dapat berkembang di tempat-tempat gurun seperti Zabid berkat kemampuan untuk bekerja dengan pola hujan musiman yang teratur.

Hujan musim muson yang turun di pegunungan di pedalaman Yaman dengan cepat berubah menjadi hujan deras yang mengalir ke dataran rendah. Jika air banjir tiba-tiba ini dimanfaatkan, diarahkan melalui perangkat pengalihan yang direkayasa ke kanal, dan selanjutnya ke sistem lapangan, potensi produksinya sangat besar.

Kota dengan jalan-jalan sempit yang tertutup, rumah-rumah tradisional dan menara adalah contoh luar biasa dari ansambel arsitektur homogen yang mencerminkan karakteristik spasial tahun-tahun awal Islam. Di sekitar kota terdapat kuburan, terutama yang berada di barat laut dengan masjid, sumur dan pepohonan rindang.

Zabid memainkan peran penting dalam menyebarkan Islam karena universitas Islamnya (masjid dan madrasah kuno yang menerima siswa dari seluruh dunia untuk memperoleh pengetahuan Islam dan mempelajari berbagai ilmu (secara substansial dikembangkan oleh ilmuwan Muslim yang berkontribusi pada kemajuan sains).*

No comments: