Muslim Akan Menang, Pohon dan Batu Berbicara: Di Sini Ada Yahudi, Bunuhlah!

 

Muslim Akan Menang, Pohon dan Batu Berbicara: Di Sini Ada Yahudi, Bunuhlah!
Perang antara kaum muslim dengan orang-orang kafir akan tetap terjadi sampai menjelang datangnya Kiamat. Ilustrasi: Anadolu
Perang antara kaum muslim dengan orang-orang kafir akan tetap terjadi sampai menjelang datangnya Kiamat . Pada saatnya nanti, kemenangan di tangan umat Islam . Kaum Muslimin akan memerangi dan membunuh orang-orang Yahudi menjelang akhir zaman.

Adapun waktunya, yaitu saat kemunculan Dajjal dan turunnya Nabi Isa as . Rasulullah SAW mengabarkan dalam Nubuwahnya, pasukan Yahudi di akhir zaman nanti berada di bawah komando Dajjal. Sedangkan kaum Muslimin bersama Nabi Isa as . Dajjal berhasil dibunuh oleh Nabi Isa di Kota Ludd (Lod) Palestina (Syam) atau sekarang diduduki Israel .

Berikut ini hadis diriwayatkan dari Abu Hurairah . Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ الْيَهُودَ فَيَقْتُلُهُمْ الْمُسْلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِئَ الْيَهُودِيُّ مِنْ وَرَاءِ الْحَجَرِ وَالشَّجَرِ فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوْ الشَّجَرُ يَا مُسْلِمُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ خَلْفِي فَتَعَالَ فَاقْتُلْهُ إِلَّا الْغَرْقَدَ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرِ الْيَهُودِ

Artinya: "Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata: "Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia." Kecuali (pohon) Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Hadis tersebut juga diperkuat oleh Hadis dari Abdullah bin Umar ra dengan lafaz yang artinya: "Kaum Yahudi, nanti akan memerangi kalian. Akan tetapi kalian (diberi kekuatan) menguasai (mengalahkan) mereka, kemudian (sampai) batu pun berkata, "Wahai Muslim, ada orang Yahudi di belakangku, bunuhlah dia." (HR Muslim, At-Tirmidzi, Ahmad)

Benda Mati Berbicara

Dalam Hadis di atas disebutkan bahwa batu dan pepohonan yang merupakan benda mati kelak akan berbicara atas izin Allah. Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam "Fathul Bari" berkata:

"Dalam hadis ini terdapat (berita) adanya tanda-tanda menjelang datangnya hari Kiamat. Di antaranya, berbicaranya benda-benda mati, seperti pohon dan batu. Dan berdasarkan lahirnya, adalah berbicara secara hakiki, meskipun ada kemungkinan adanya makna kiasan. Maksudnya, bersembunyi (di balik benda-benda tersebut) tidak bermanfaat bagi mereka (Yahudi). Tetapi, (makna) yang pertama (secara lahiriyah) adalah lebih utama."

Dalam hadis Abu Umamah radhiyallahu 'anhu terdapat kalimat: "Maka tidak ada satupun ciptaan Allah yang dijadikan tempat persembunyian Yahudi, melainkan Allah jadikan ia berbicara, baik batu, pohon, tembok, maupun hewan...."

Hadis-hadis tersebut merupakan salah satu mukjizat Rasulullah SAW karena banyak berita ghaib yang beliau sampaikan pada masa beliau terjadi sesuai kenyataan.

Dan yang belum terjadi, pasti akan terjadi, karena berita yang beliau sampaikan adalah haq (kebenaran) yang berasal dari wahyu Allah. Ini juga menunjukkan kenabian beliau adalah benar.
(mhy)
Miftah H. Yusufpati

No comments: