Ketika Setan Bermain-main di Alam Mimpi

 Rasulullah SAW berkata jika setan sengaja mendatangi seseorang.

Red: A.Syalaby Ichsan
Tidur tengkurap (ilustrasi). Tidur tengkurap ternyata dapat membahayakan kesehatan.
Foto: Dok. Freepik
Tidur tengkurap (ilustrasi). Tidur tengkurap ternyata dapat membahayakan kesehatan. Mimpi merupakan bunga tidur yang dialami alam bawah sadar manusia. Meski pernah ada penelitian soal peristiwa tersebut, belum ada ilmuwan yang bisa memecahkan misteri mimpi. Di dalam alam mimpi, seseorang bisa mengalami peristiwa baik atau peristiwa yang buruk bahkan menyeramkam.

Mengenai pengalaman tersebut, Rasulullah SAW memberi petunjuk jika setan sengaja mendatangi seseorang di antara manusia untuk menakut-nakutinya dengan sesuatu yang menyeramkan. Orang itu pun pergi untuk memberi tahu orang-orang. Tidak mengherankan jika Rasulullah berpesan, "... Jangan memberitahu orang-orang tentang tindakan setan yang mempermainkanmu dalam mimpimu ...." (HR Muslim dan Ibnu Majah).

Saat bermimpi buruk, Rasulullah pun mengajarkan kepada kita untuk meludah ke samping kiri sebanyak tiga kali. "... Jika seseorang dari kalian bermimpi yang tidak disukainya, hendaknya ia meludah ke samping kirinya tiga kali dan memohon perlindungan kepada Allah dari setan tiga kali serta mengalihkan badannya dari posisi semula." (HR Muslim, Abu Dawud, Ib nu Majah, Ahmad).

photo
Cara atau kebiasaan tidur juga bisa mendorong munculnya keriput di wajah. - (Pexels)

Mimpi buruk juga hendaknya segera dilupakan. Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kalian mengalami mimpi buruk, hendaknya meludah ke kiri tiga kali dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan setan dan dari dampak buruk mimpi. Kemdian, jangan ceritakan mimpi itu kepada siapapun, maka mimpi itu tidak akan memberikan dampak buruk kepadanya." (HR Bukhari Muslim).

Setelah meludah tiga kali sebagai isyarat "pelecehan" kepada syaitan yang mengganggu melalui mimpi, tidak mengapa untuk melanjutkan tidur kembali.

Untuk mencegah mimpi buruk, sebelum tidur jangan lupa untuk membaca doa. Setelah kembali tidur dan mimpi buruk lagi, disunahkan untuk pindah tempat tidur. Kemungkinan setan yang berada di tempat tersebut memang ingin mengganggu.

Diriwayatkan, dari Abu Salamah Radhiyallahu Anhu, ia berkata, Aku baru saja mendapatkan mimpi buruk, hingga mimpi itu membuat dadaku terasa sesak sekali. Lalu aku bertemu dengan Abu Qatadah dan menceritakan keadaanku, ia pun berkata, Aku juga pernah bermimpi buruk, hingga mimpi itu membuat dadaku terasa sesak, hingga aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, 

“Mimpi yang baik itu berasal dari Allah. Apabila Seorang dari kalian memimpikan sesuatu yang ia sukai, maka janganlah ia ceritakan mimpi itu kecuali kepada orang yang ia cintai. Namun, apabila memimpikan sesuatu yang tidak ia sukai, hendaklah ia meludah sedikit ke sisi kirinya sebanyak tiga kali, dan mohonlah perlindungan kepada Allah (berta'awudz) dari kejahatan syaitan dan kejahatan mimpi tersebut, serta Jangan ceritakan mimpi itu kepada siapapun (tanpa terkecuali), sebab mimpi itu tidak akan membahayakan dirinya.” 

Abu Salamah mengatakan, “Bahkan aku pernah bermimpi buruk yang kurasa lebih berat dari gunung. Tetapi aku tidak lagi peduli dengan mimpi buruk apapun setelah aku mendengar hadis ini.” (HR. Bukhari no.5747, dan Muslim no.2261) 

Rol

No comments: