Di Masa Kerajaan Apakah Gunung Gede Saat Rasulullah Jalankan Tugas Kenabian?

Gunung Gede merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Jawa Barat. Rep: Fuji E Permana / Hafil/ Red: Muhammad Hafil Puncak Gunung Gede
Foto: BTN GN Gede Pangrango
Puncak Gunung Gede
Di Jazirah Arab, khususnya di  Makkah dan Madinah terdapat beberapa gunung atau bukit. Gunung-gunung tersebut adalah saksi sejarah perjalanan awal syiar Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.
Berikut ini empat gunung yang disebut dalam perjalanan awal syiar Islam yang dimulai sejak Nabi Muhammad menerima wahyu pertama pada 611 Masehi (M) hingga wafatnya pada 632 M.
1. Jabal Nur

Jabal an-Nuur atau Jabal Nur yang artinya Gunung Cahaya adalah sebuah gunung dekat kota Makkah di Hejaz, Arab Saudi. Gunung Cahaya menjadi salah satu tempat yang paling istimewa dan sering dikunjungi di kota Makkah. Di gunung ini terdapat sebuah gua kecil berukuran 1,75 hasta yang dikenal sebagai Ghar Hira atau Gua Hira. 

Gunung Cahaya memiliki tinggi 640 meter. Medan gunung tersebut didominasi oleh bebatuan besar dan kecil, serta sedikit pasir dan debu. Gunung Cahaya tidak berapi atau tidak memiliki kawah, tapi lebih berupa gunung batu yang terdapat gua di dekat puncaknya.

Gunung Cahaya juga dipercaya umat Muslim sebagai tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril.

2. Gunung Uhud

Gunung Uhud adalah sebuah gunung di utara Madinah dengan ketinggian sekitar 1.077 meter. Gunung ini adalah lokasi pertempuran kedua antara Rasulullah SAW bersama para sahabat dan pasukan kafir Quraisy Makkah. 

Pertempuran Uhud terjadi pada tahun ke-2 hijriyah, kaum muslimin yang berjumlah 700 pasukan dari Madinah yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW berhadapan dengan kaum kafir yang berjumlah 3.000 pasukan yang di pimpin oleh Abu Sufyan.

Gunung Uhud terbentuk dari batu granit warna merah memanjang dari tenggara ke barat laut dengan panjang tujuh kilometer dan lebar hampir tiga kilometer. Gunung ini adalah gunung terbesar dan tertinggi di Madinah. Di kaki gunung bagian selatan terdapat pemakaman para syuhada, salah satunya adalah Hamzah bin Abdul-Muththalib paman dan saudara sepersusuan Nabi Muhammad SAW.

Gunung Uhud juga tidak memiliki kawah, bisa dikatakan gunung yang gersang karena didominasi oleh bebatuan tanpa ada tumbuhan tinggi dan rindang.

3. Gunung Rumat

Gunung atau Bukit Rumat disebut juga sebagai Gunung Ainain adalah sebuah bukit merah yang terletak di sebelah selatan Makam Syuhada Uhud, di samping Wadi Qanat, Madinah, Arab Saudi. 

Disebut Gunung Rumat karena di situ Nabi Muhammad SAW menunjuk 50 orang pemanah (rumat) untuk bersiaga dalam Pertempuran Uhud, yang dikomandani oleh Abdullah bin Jabir. 

Gunung Rumat panjangnya 175 meter, lebarnya 55 meter, dan tingginya 20 meter. Diameter gunung 380 meter. Jarak dari Masjid Nabawi ke Gunung Rumat sejauh 3 kilometer, jarak dari Gunung Uhud 1 kilometer dan jarak dari makam Syuhada Uhud 55 meter. Gunung Rumat didominasi bebatuan dan pasir serta debu.

Gunung Tsur atau Jabal Tsur memiliki arti Gunung Banteng, terletak di bagian bawah Makkah di sebelah selatan distrik Al-Misfalah. Tinggi gunung adalah 1.405 meter. Sama seperti gunung-gunung lainnya di Arab Saudi, gunung ini juga didominasi bebatuan besar dan kecil serta pasir dan debu.

Gunung ini terkenal karena menyimpan sebuah gua yang dikenal sebagai Ghar al-Thawr (Gua Banteng), tempat Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya Abu Bakar Radhiyallahu anhu berlindung dari orang kafir Quraisy saat migrasi ke Madinah. Bagi kebanyakan umat Islam, Gua Banteng tersebut memiliki makna religius, dan oleh karenanya banyak dikunjungi peziarah dan turis.

Di masa kerajaan apa Gunung Gede saat awal syiar Islam?

Jika awal syiar Islam terjadi di Jazirah Arab pada 611 M hingga 632 M, lalu di masa kerajaan apa Gunung Gede yang lokasinya ada di kepulauan Nusantara atau Indonesia saat ini.

Gunung Gede merupakan gunung berapi yang terletak di Jawa Barat. Gunung ini masuk dalam ruang lingkup Taman Nasional Gunung Gede Parango. Gunung dengan ketinggian puncak mencapai 2.958 mdpl ini secara administratif masuk di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi saat ini.

Jika dakwah Islam awal terjadi pada 611 M hingga 632 M, maka kemungkinan besar Gunung Gede pada saat itu ada di masa Kerajaan Tarumanegara yang bercorak Hindu.

Hal ini, berdasarkan sejumlah literatur menyebutkan ada berita dari Dinasti Tang di Cina yang menuliskan bahwa pada tahun 666 dan 669 utusan To-lo-mo (Tarumanegara) telah datang. Dari berita tersebut dapat diketahui bahwa Kerajaan Tarumanagara berkembang antara tahun 400600 M, yang pada saat itu masa kepemimpinan Raja Purnawarman dengan wilayah kekuasaan hampir seluruh Jawa Barat.

Tarumanegara sendiri hingga saat ini diakui sebagai salah satu kerajaan tertua di pulau Jawa yang berdiri sejak tahun 358 M. Pusat pemerintahannya sendiri ada di Jawa Barat.

Sementara, syiar Islam secara luas di Jawa Barat diperkirakan terjadi pada abad ke-14. Saat ini, Islam menjadi agama mayoritas di Jawa Barat.Rol

No comments: