837 Tahun Shalahuddin Al-Ayyubi Membebaskan Baitul Maqdis

 

Ilustrasi penaklukkan Baitul Maqdis (Jerusalem) dari Pasukan Salib oleh Panglima Shalahuddin al Ayyubi (insert, film Kingdom of Heaven)

Lebih 800 tahun selepas Panglima Shalahuddin al- Ayyubi membebaskan Baitul Maqdis, nama beliau terpahat sebagai simbol kekuatan umat Islam dan membuktikan akhlak muslim menjadi rahmat seluruh alam

TANGGAL 2 Oktober menandai peringatan pembebasan Baitul Maqdis atau Al-Quds dari penjajahan asing dan pengembaliannya ke tangan bangsa Arab oleh Panglima Shalahuddin al-Ayyubi (pada 2 Oktober 1187).

Kemenangan tentara Islam dipimpin oleh Sultan Shalahudidn atau Panglima Shalahuddin al-Ayyubi mengalahkan Tentara Salib dalam Perang Hittin di perbatasan Laut Mati pada bulan Juli 1187 menandai jatuhnya Kerajaan Kristen Yerusalem (Kingdom of Jerusalem).

Kingdom of Jerusalem, juga dikenal sebagai Kerajaan Tentara Salib, adalah negara Tentara Salib yang didirikan di Syam segera setelah Perang Salib Pertama.

Untuk diketahui, pembukaan Kota Baitul Maqdis pertama pada tahun 637 pada masa pemerintahan Sayyidina Umar al-Khattab r.a. Sejak saat itu Baitul Maqdis berada di bawah kekuasaan Kerajaan Islam selama 462 tahun hingga direbut oleh Tentara Salib pada tahun 1099.

Selama penaklukan Tentara Salib ini, seluruh penduduk Muslim dan Yahudi, termasuk anak-anak dan wanita, yang diperkirakan berjumlah 10.000 orang, dibunuh secara brutal. Catatan sejarah menuliskan, darah umat Islam mengalir di setiap jalan dan gang hingga mata kaki.

Kekuasaan Tentara Salib hanya bertahan selama 88 tahun. Dalam Pertempuran Hittin pada bulan Juli 1187, pasukan Muslim berjumlah 30.000 orang berhasil mengalahkan Tentara Salib.

Kemenangan ini melemahkan Tentara Salib dan membuka jalan bagi pembebasan Bailtul Maqdis.

Pengepungan Baitul Maqdis

Pertempuran Hattin dianggap sebagai salah satu kemenangan terbesar bagi kaum Muslim dalam Penaklukan Baitul Maqdis. Kal aitu Panglima Shalahuddin mengirim para penasihatnya ke sekitar wilayahnya dan akhirnya mengumpulkan 20.000 hingga 30.000 pasukan.

Pasukan Muslim mengepung kota Tentara Salib yang disebut Tiberias dan menetap di sana. Pasukan tersebut terus-menerus dipasok oleh Danau Tiberias di dekatnya.

Tentara Salib menanggapi dengan mengirimkan pasukan mereka sendiri dan berusaha untuk menetap di dekat Mata Air Hattin, tetapi pasukan Muslim memblokir akses ke sumber air apa pun di daerah tersebut. Cuaca panas sangat merugikan pasukan Tentara Salib.

Pengepungan Yerusalem dimulai pada tanggal 20 September 1187. Enam hari pertama, pertempuran kecil terjadi tanpa hasil yang berarti.

Baca: Rekam Jejak Penaklukan Salahudin Al Ayyubi atas Baitul Maqdis Palestina

Serangan awalnya dilakukan dari arah barat. Pada malam tanggal 25 September, pasukan Panglima Shalahuddin mulai mundur dari perbatasan barat kota.

Melihat mundurnya pasukan Panglima Shalahuddin, masyarakat Baitul Maqdis mulai bergembira dan merayakan kemenangan, memasuki gereja untuk mengucap syukur dan meninggalkan benteng.

Rupanya Panglima Shalahuddin baru saja berganti posisi. Pada pagi hari tanggal 26 September, pasukan Panglima Shalahuddin berada di sebelah timur kota.

Panglima Shalahuddin memindahkan kampnya ke bagian kota yang lain, di Bukit Zaitun, di mana tidak ada gerbang utama tempat para Tentara Salib dapat melakukan serangan balik.

Sementara tembok-tembok pertahanan Pasukan Salib terus-menerus dihantam oleh mesin pengepungan, ketapel, mangonel, petraries, api Yunani, busur silang, dan anak panah.

Sebagian tembok itu ditambang dan runtuh pada tanggal 29 September. Tentara Salib tidak mampu memukul mundur pasukan Shalahuddin Al Ayyubi dari tembok yang jebol itu, tetapi pada saat yang sama, kaum Muslim masih belum dapat memasuki kota itu.

Mereka tampak mengibarkan bendera dari puncak Bukit Zaitun. 2 pukulan ‘mangonel’ (mesin lempar batu besar) sudah siap.

Para insinyur perang, dilindungi oleh sekelompok pemanah, mendekati kaki tembok kota dan berhasil memasang ranjau. Tentara Muslim telah bekerja sepanjang malam.

10.000 kavaleri siap menunggu di gerbang St. Petersburg. Stefanus dan Yosafat.

Selama 2 hari ranjau darat diledakkan satu per satu dan api disulut dengan tumpukan kayu, akhirnya 30 hingga 40 lubang berhasil dibuka di sepanjang tembok kota.

Selama 6 hari, Baitul Maqdis dihujani anak panah tanpa henti dan Menara Pengepungan digunakan untuk menembus tembok kota namun warga Baitul Maqdis masih mampu bertahan.

Pasukan pertahanan kota tidak dapat lagi menahan gerak maju tentara Islam. Sekali lagi mereka lari dari pertahanan tapi kali ini kalah.

Akibat serangan gencar pasukan Muslim membuat warga sipil mulai menyerah. Hanya sebagian tentara dan kaum bangsawan yang tersisa.

Pemimpin kota Baitul Maqdis, Komandan Tentara Salib, Balian Ibelin menghampiri Panglima Shalahuddin untuk berunding.

Balian berangkat bersama seorang utusan untuk menemui Panglima Shalahuddin, menawarkan penyerahan diri yang awalnya ditolaknya.

Shalahuddin mengatakan kepada Balian bahwa ia telah bersumpah untuk merebut kota itu dengan paksa, dan hanya akan menerima penyerahan diri tanpa syarat.

Untuk diketahui, sebelum pengepungan dimulai, Panglima Shalahuddin sudah memberi mereka kesempatan untuk bernegosiasi namun ditolak dengan arogan.

Kali ini ketika mereka kalah, mereka meminta untuk bernegosiasi. Panglima Shalahuddin mencibir; “Mengapa saya harus bernegosiasi dengan kota yang telah saya rebut?”

Perjanjian penyerahan diri akhirnya ditandatangani pada hari Jumaat, 2 Oktober 1187, bertepatan dengan 27 Rajab, malam berlakunya peristiwa Isra’ Mikraj Rasulullah ﷺ dari Makkah ke Baitul Maqdis.

Masuklah Shalahuddin ke Baitul Maqdis dengan linangan airmata dan laungan takbir. Tanda salib dan gambar-gambar rahib Kristen diturunkan dari tempat awam. Masjidil Aqsha dan semua masjid yang lain dibersihkan.

Kesuntukan masa dan tempat yang perlu dibersihkan tidak mengizinkan shalat Jumat didirikan pada hari tersebut. Shalat Jumat yang pertama didirikan di Masjidil Aqsha selepas 88 tahun pada pada Jumat berikutnya, 9 Oktober 1187.

Dihormati Musuh

Shalahuddin Al-Ayyubi adalah pendiri Dinasti Ayyubiyah, sultan pertama Mesir dan Suriah, serta orang yang mempersatukan dunia Muslim melawan pasukan Tentara Salib Eropa.

Nama lengkapnya Al-Nasir Salahuddin Yusuf ibn Ayyub, muslim Sunni, bersuku Kurdi. Lahir di Tikrit, Mesopotamia Hulu (sekarang Iraq) pada tahun 1137, dan dikenal nama kecilnya Yusuf, aa adalah putra Najmuddin Ayyūb, seorang Gubernur Baalbek.

Baca: Shalahuddin Al Ayyubi dan Shalawat Setelah Adzan

Keluarganya berpindah-pindah, tinggal di Baalbek, kemudian Mosul selama masa muda Shalahuddin dan kemudian Damaskus saat ia memasuki masa remajanya.

"Ayahnya, Ayyub, membawanya ke Baalbek di Lebanon saat ini untuk melarikan diri dari perseteruan keluarga. Ini adalah yang pertama dari banyak keberuntungan yang membentuk hidupnya. Baalbek — kuno, dengan udara segar yang beraroma kebun buah-buahan dan taman — berada di pusat dunia Muslim, yang membentang dari Spanyol hingga India dan mengilhami bangunan-bangunan megah, literatur yang kaya, dan ilmu pengetahuan kelas satu," tulis John Man, sejarawan dan penulis " Shalahuddin : The Life, the Legend and the Islamic Empire " (Random House, 2013) dalam "Shalahuddin : The First Sultan" untuk majalah All About History edisi 102.

Panglima Shalahuddin al-Ayyubi dikenang sebagai pemimpin militer hebat yang warisannya sebagai tokoh pemersatu berbagai kelompok Islam menjadikannya tokoh terkemuka dalam sejumlah budaya.

Sejarawan AR Azzam meriwayatkan kisah pasukan Shaluhuddin Al-Ayyubi sebagai berikut:

“Ia memutuskan untuk mengirim komandannya, 'seperti semut yang menutupi seluruh permukaan negara dari Tirus hingga Yerusalem', ke sudut-sudut kerajaan. Nazareth jatuh ke tangan Keukburi (Gokbori), dan Nablus ke tangan Husam al-Din. Badr al-Din Dildrim merebut Haifa, Arsuf, dan Kaisarea , sementara al-Adil merebut Jaffa. Shalahuddin kemudian mengirim Taqiuddin, komandannya yang paling cakap untuk merebut Tirus dan Tibnin… (185).

Ia juga memiliki reputasi positif di Barat, meskipun telah berperang melawan Tentara Salib, berkat persepsi tentang sikah kasih sayang dan sikap adilnya.

Ia dikenal kemurahan hati terhadap musuh-musuhnya. Meskipun berhasil merebut kembali Yerusalem dari tangan Pasukan Salib, Sultan Shalahuddin menunjukkan sikap yang adil dan penuh kasih sayang terhadap penduduk non-Muslim.

Baca: Shalahuddin Al Ayyubi Pimpin Jihad Para Ulama

Ia mengizinkan mereka untuk meninggalkan kota dengan aman dan membawa harta benda mereka, serta memberikan perlindungan kepada mereka yang memilih tinggal di bawah kekuasaan Islam.

Kepemimpinannya juga ditandai dengan sikap rendah hati dan kesederhanaan. Meskipun telah meraih banyak kesuksesan dan dihormati oleh banyak orang, ia tetap hidup dengan gaya sederhana dan tidak memanfaatkan kekuasaannya untuk keuntungan pribadi.

Sikap rendah hati beliau memenangkan hati rakyatnya dan memperkuat legitimasi kepemimpinannya di mata umat Islam.

Usai Tentara Salib menyerah tanpa perlawanan. Panglima Shalahuddin mengatakan harta yang paling berharga dari semuanya tidak lain adalah Al-Quds atau Baitul Maqdis (Kota Suci).

“Kami meyakini Baitul Maqdis adalah kota suci, sebagaimana kalian juga meyakininya. Dan saya tidak ingin mengepung kota suci ini apalagi menyerangnya,” ujar Shalahuddin al Ayyubi.

Lebih 800 tahun selepas Sultan Shalahuddin al- Ayyubi memerdekakan kota Baitul Maqdis. Nama beliau tetap terpahat sebagai simbol kekuatan umat Islam dunia, mengembalikan hak yang dirampas tetapi pada masa yang sama membuktikan akhlak muslim yang mencintai, memayungi seluruh insan dan menjadi rahmat kepada alam.*

No comments: